Saat buka database gdb di ACCURATE muncul konfirmasi,
“SERVER NOT READY
Please ensure that your firebird on server LOCALHOST can listen on
port 3051
Your computer may be behind firewall
Firebird not started yet”
Disini ada 2 kemungkinan yang menyebabkan munculnya konfirmasi
tsb :
1.
Firebird tidak running
2.
Jaringan(Network client ke Server)
Pesanan Pembelian
Permintaan Demo
software accurate, software akuntansi, software akuntansi accurate, software accounting, software keuangan, software pembukuan, software pos, software kasir, program kasir, program akuntansi, aplikasi akuntansi,
Firebird tidak running
Firebird yang adalah database
yang digunakan ACCURATE harus terinstall dan running statusnya di komputer
tempat file data .gdb disimpan(komputer server). Untuk itu kita bisa cek ke
komputer tempat data GDB disimpan ke Start | Control Panel |
Administrative Tools | Services, cari Firebird pastikan statusnya Started.
Jika tidak ditemukan Firebird di
Services, kemungkinan Firebird belum terinstall, install Firebird terlebih
dahulu menggunakan Installer(file Setup) ACCURATE dengan memastikan option Server tercentang saat penginstallan. Setelah itu
coba buka data kembali.
Jaringan(Network Client ke
Server)
Setelah memastikan Firebird Running di komputer Server tapi saat buka
data masih muncul pesan “Server not Ready”, hal yang perlu diketahui Terjadi di komputer mana? Berikut
ini beberapa kemungkinan dan cara pengecekannya :
·
Server bisa buka, tapi
semua Client yang mau buka data ke komputer Server dengan cara Remote tidak bisa.
Pastikan saat buka secara Remote
dari komputer Client untuk Server Name kita
sudah isi dengan IPAddress komputer Server yang
benar. Cara mengetahui berapa IPAddress komputer server, di komputer tempat
data yang akan dibuka(server) lakukan IPConfig dariStart | Run,
ketikkan cmd lalu enter, ditampilan CPrompt ketikkan ipconfig lalu
enter, akan diinformasikan berapa nomor IPAddress komputer server tsb, jika
ternyata tadi waktu buka data salah IPAddress nya, silahkan dicoba lagi buka
data dengan IPAddress server yang seharusnya.
Untuk pengetikkan alamat data .gdb saat kita remote dari Client
ke Server, cara pengetikkannya seperti kalau kita di komputer local server,
jadi kalau data ada di drive C server maka kita langsung ketikkan
C:\dstnya..gdb. Jadi tidak perlu melakukan mapping drive atau folder tempat
data, karena kita tidak bisa menggunakan hasil mapping tsb.
Jika sudah mengettikan IPAddress
dan alamat yang benar masih muncul konfirmasi yang sama, dari komputer Server
kita ke Start | Control Panel | Windows Firewall, pastikan
disana kita pilih OFF, lalu coba buka data kembali. Jika
berhasil buka data dan kita mau Windows Firewall kondisinya ON, kita bisa buat
Exception caranya silahkan klik disini.
·
Server dan beberapa
Client bisa buka, tapi hanya Client tertentu saja tidak bisa buka.
Jika hanya client tertentu saja yang tidak bisa buka data dengan
konfirmasi Server not Ready, pastikan waktu buka data untuk pengetikkan
IPAddress Server dan Alamat data sudah sama caranya seperti komputer client
yang lainnya. Untuk mengetahui IPAddress server dan alamat yang sudah dibuka
komputer Client yang lainnya, kita bisa lihat tampilan komputer Client yang
lain yang sudah berhasil buka data, dibagian paling atas tampilan ACCURATE terdapat
informasi Remote nya ke IP berapa dan berikut alamat file gdb nya.
Selain itu pastikan koneksi
jaringan komputer client yang tidak bisa buka data ini sudah terhubung dengan
baik, cara pengecekkannya kita ping ke
komputer Server dari komputer Client tsb ke Start | Run,
ketikkan cmd lalu enter, ditampilan cPrompt ketikan ping ipaddress server,
contohnya ping 192.168.1.10 lalu enter,
pastikan konfirmasinya adalah Reply. Kalau
konfirmasi yang keluar Request Time Outsilahkan
di cek kembali koneksi jaringan komputer client tsb, misal kable LAN yang colok
ke PC atau ke HUB ada longgar bisa coba di cabut colok kembali. Jika ping sudah
Reply seharusnya waktu buka data dengan IP dan alamat data di server yang benar
sudah bisa buka data.
·
Server(komputer tempat
data) sendiri buka tidak bisa dan semua komputer Client juga jadi tidak bisa
buka data.
Selain pastikan Firebird statusnya sudah running, lakukan
langkah berikut :
1.
Dissable/matikan antivirus yang running di komputer server atau
kalau perlu di uninstall bersih dulu antivirus yang ada di server, lalu coba
buka data kembali. Hal ini dilakukan barangkali ada Firewall bawaan dari
Antivirus yang memblok Port yang digunakan ACCURATE yaitu port 3051 dan 3052.
Jika tahu cara buat exception di antivirus tsb silahkan buka permission untuk
port tsb.
2.
Pastikan IPAddress di komputer server sudah di setting. Bisa di
cek dengan cara ping localhost dari cPrompt,
dan kalau kita ketikkan ipconfig di cprompt tsb informasi IPAddress nya keluar.
software accurate, software akuntansi, software akuntansi accurate, software accounting, software keuangan, software pembukuan, software pos, software kasir, program kasir, program akuntansi, aplikasi akuntansi,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar